Rabu, 24 Februari 2010

P O S T U R


Postur atau perawakan dapat di-deteksi sejak dini. Postur menunjukkan karakteristik individu tidak hanya da-pat membedakan antar individual. Se-cara umum postur yang baik apabila seseorang dalam posisi berdiri akan tampak seimbang pada garis segmen-talnva baik dari samping maupun dari sisi depan.

Gambar Postur tampak dari samping dan tampak dari belakang.

Postur yang buruk dapat dise-babkan oleh adaptasi otot, tulang dan persendian dalam waktu yang lama berada pada posisi yang tidak benar. Pengawasan sejak usia dini sangat di-anjurkan. Beberapa penyebab buruk-nya postur diantaranya menonton tele-visi dalam waktu yang lama pada posisi kurang baik, kebiasaan posisi duduk yang tidak tepat, diet yang ku-rang tepat, pencahayaan ruangan tidak memadahi, akibat berat badan atau be-ban yang lain, dan tones otot yang bu-ruk (lebih spesifik pada bagian pung-gung). Kondisi Postur yang Buruk di-identifikasi sebagai
a. Lordosis. Memunyai karakteristik pembentukan kurva ke depan pada ba-gian bawah tulang punggung, dan sacrurn.
b. Kyphosis. Mempunyai karakteris-tik pembentukan kurva ke bela-kang pada bagian atas tulang pung-gung.
c. Scoliosis. Mempunyai karakteristik pembentukan kurva ke samping pada tulang punggung, yang dapat terjadi dua bentuk yaitu huruf C atau huruf S.
Untuk dapat melihat kondisi pos-tur anak perlu adanya pengawasan me-lalui posture assessment chart yang dapat dijadikan dokumen perkembang-an postur anak dari waktu ke waktu.

Tidak ada komentar:

Melalui Penjaskesor Tercapai Kesehatan Jiwa dan Raga

Link Pemaparan Peran Penjaskesor Tercapai Kesehatan Jiwa dan Raga