Cari Blog Ini

Memuat...

Pengikut

Selasa, 23 Februari 2010

PENDIDIKAN JASMANI UNTUK USIA DINI

Pendidikan jasmani pada anak usia dini harus ditangani secara tepat, untuk itu setiap pembina pendidikan jasmani sudah semestinya memikirkan secara mendalam apa itu pendidikan jasmani, untuk keperluan apa, bagaimana penanganan yang sesuai, karakter moral yang harus ditanamkan, dan pencapaian kemampuan gerak yang dihasilkan.
Melalui penanganan yang tepat diharapkan perkembangan motorik dan ketrampilan motorik anak akan mendukung aspek penting kehidupan anak menyongsong masa depannya, diantaranya : kesehatan yang baik, katarsis emosional, kemandirian, hiburan diri, hubungan sosial dan percaya diri.
Kegiatan pendidikan jasmani pada anak usia dini menitik beratkan pada pengembangan kecerdasan kinestetik (gerak) untuk mendukung pengembangan kecerdasan yang lain. Diharapkan pembina pendidikan jasmani mampu memberikan suplemen gerak secara tepat dengan mengkaitkan pada pengembangan kecerdasan yang lain, misalkan pengembangan kecerdasan logika matematika melalui gerak lari memindahkan bendera dengan jumlah yang ditentukan.
Selain pengembangan kecerdasan majemuk melalui kecerdasan kinestetik, pendidikan jasmani haruslah mempertimbangkan taksonomi gerak sebagai acuan pencapaian dasar-dasar gerak yang akan mampu membekali pencapaian kemampuan gerak yang lebih komplek dimasa mendatang. Dengan demikian kemampuan pembina pendidikan jasmani dalam mengkaitkan kecerdasan majemuk dan layanan terhadap kebutuhan taksonomi gerak adalah faktor penting keberhasilan pendidikan jasmani. Tidak kalah pentingnya adalah kerjasama pembina pendidikan jasmani dengan orangtua anak didik dalam pemantauan postur tubuh anak, sehingga kesempurnaan perawakan anak akan mendukung proses hidupnya dimasa mendatang. (kecerdasan majemuk, taksonomi gerak, dan postur tubuh akan dibahas topik lain)

33 komentar:

pevi damayanti blog mengatakan...

NAMA : PEVI DAMAYANTI
NIM : 818326921
KELAS : E
POKJAR : TANJUNGBUMI

Kerjasama pembina pendidikan jasmani dengan orangtua memang sangat penting bagi pemantauan postur tubuh anak.
Terutama orangtua adalah orang pertama yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak.Karena dari keluargalah sebagai lingkungan atau masyarakat kecil yang menjadi pedoman/contoh itama bagi anak.Kebiasaan baik atau buruk berawal dari keluarga.Karena tujuan pendidikan jasmani adalah "BIASA HIDUP SEHAT".Maka kebiasaan itu harus ditanamkan sejak anak usia dini,dan ini adlah tanggung jawab orangtua.
Jadi peran pembina Pendidikan Jasmani adalah sebagai Suplemen dari luar yang membantu tercapainya Kesempurnaan perawakan Anak.

arlang mengatakan...

Nama : Mohammad Syafi'i
NIM : 818326305
kelas : E
pokjar : Tanjungbumi

Pendidikan jasmani sangat di perlukan bagi anak usia dini, maka dari itu perlu adanya kerja sama pembina pendidikan jasmani dengan orang tua. Mengingat anak usia dini memerlukan bimbingan untuk masa pertumbuhannya. Dengan adanya pendidikan jasmani di sekolah anak bisa belajar bagaimana cara untuk membiasakan diri hidup sehat.

xavi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
xavi mengatakan...

Nama : Mohammad Syafii
NIM : 818326305
Kelas : E
Pokjar : Tanjungbumi


Pendidikan jasmani sangat di perlukan bagi anak usia dini, maka dari itu perlu adanya kerja sama pembina pendidikan jasmani dengan orang tua. Mengingat anak usia dini memerlukan bimbingan untuk masa pertumbuhannya. Dengan adanya pendidikan jasmani di sekolah anak bisa belajar bagaimana cara untuk membiasakan diri hidup sehat.

Iis mengatakan...

nama: ismawati
nim : 818327052
kelas: e
pokjar:

pendidikan jasmani anak usia dini sangatlah baik,umtuk mendukung pertumbuhan otak dan kemampuan gerak anak.dan keluarga merupakan lingkungan yang paling utama,dan merupakan tempat untuk belajar kebiasaan yang di tanamkan dalam keluarga.contahnya kebiasaan hidup sehat. pendidikan jasmani anak usi dini,merupakan awal dari pembelajaran anak-anak untuk mengenal istilah olahraga dan kesehatan dan itu sangat perlu untuk penunjang adanya bakat dan minat anak untuk masa depan.

hasan mengatakan...

NAMA : MOH. HASAN
NIM : 818326907
KELAS : E
POKJAR : TANJUNG BUMI

Pendidikan jasmani memang sangatlah penting bagi anak pada usia dini. Dan menjadi tanggung jawab penuh bagi setiap orang tua dan pembina kegiatan jasmani,karena kegiatan pendidikan jasmani akan menumbuh kembangkan jiwa anak , baik itu secara psikologis , kesehatan , emosional dan interaksi sosial terhadap linkungannya.
Pemberian suplemen gerak akan merangsang kecerdasan logika pada diri anak, selain itu hubungan dan kerja sama antara orang tua dan pembina pendidikan jasmani, sangatlah penting didalam memantau perkembangan psikologis anak sehingga kesempurna'an jasmani pada diri anak akan terjamin di masa depan nya .

febriyanto mengatakan...

Nama : Febriyanto Tornando
NIM : 818326978
Kelas : E
Pokjar:TANJUNG BUMI


Menurut saya pendidikan jasmani harus ada kerjasama dengan orang tua karena orang yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak adalah orang tua.kebiasaan buruk dan baik berawal dari orang tua

andi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
andi mengatakan...

Nama : Hendri Fitria Ningsih
Kelas : D
NIM : 818327038
Pokjar : Tanjungbumi

Pendidikan jasmani pada usia dini cenderung pada hiburan agar minat si anak lebih meningkat dan semangat

ma'wa mengatakan...

NAMA : JANNATUL MA'WA
NIM : 818326803
KELAS : E
POKJAR : TANJUNG BUMI


Pendidikan jasmani untuk anak usia dini memang sangat penting.Mengingat anak pada usia dini merupakan proses tumbuh kembang anak.Oleh sebab itu,orang tua juga berperan penting
dalam hal ini.

rahma wati mengatakan...

NAMA :RAHMAWATI
NIM :818156615
KELAS :E
POKJAR:TANJUNGBUMI


Peran orang tua untuk pendidikan pada anak usia dini dini memang sangat penting untuk memperoleh peningkatan kemampuan keterampilan jasmani, pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan watak .
Dan pendidikan jasmani adalah bentuk pendidikan yang memberikan perhatian pada pengajaran pengetahuan ,sikap,keterampilan gerak manusia yang sangat di butuhkan oleh anak usia dini.

Rachmad Taufik mengatakan...

NAMA :RACHMAD TAUFIK
NIM :818322039
KELAS :E
POKJAR:TANJUNGBUMI


Pendidikan jasmani untuk anak usia dini sangat penting bagi pertumbuhan anak,terutama untuk perkembangan postur tubuh anak.
Dalam pendidikan jasmani orang tua berperan penting bagi perkembangan anak ,karna orang tua sangat berpengaruh untuk perkembangan tubuh anak.

sahara mengatakan...

Nama : Sahara binti Saharudin
NIM : 818277298
Kelas : F
Pokjar : Tanjungbumi

terimakasih atas adanya blogger ini saya bisa mempunyai banyak ilmu dan mungkin dalam pertemuan minggu ini saya mempunyai banyak pertanyaan tentang kesehatan dan olahraga

ALI SOHIB mengatakan...

NAMA : ALI SOHIB
NIM : 818277567
KELAS : D
POKJAR : TANJUNGBUMI

Pendidikan anak usia dini lebih menekankan pada bermain untuk anak, untuk mengasah kecerdasan otak anak,tidak menekan pada kejiwaan anak, khususnya lebih menekan pada kesehatan bagi anak. Pendidikan anak usia dini tidak hanya diberikan di sekolah,melainkan lingkungan tempat ia tinggal juga berpengaruh bagi perkembangannya.

nurhayati mengatakan...

NAMA : NURHAYATI
NIM : 818156726
KELAS : E
POKJAR : TANJUNGBUMI

Pendidikan jasmani sangat di perlukan bagi anak usia dini, maka dari itu perlu adanya kerja sama, Terutama orangtua adalah orang pertama yang sangat berpengaruh pada perkembangan anak.Karena dari keluargalah sebagai lingkunganistilah olahraga dan kesehatan dan itu sangat perlu untuk penunjang adanya bakat dan minat anak untuk masa depan.

musirri mengatakan...

NAMA :MUSIRRI
NIM : 818326914
KELAS : E
POKJAR : TANJUNGBUMI


Menurut saya pendidikan jasmani pada anak usia dini tidak terlalu menekan secara fisik, Karena dari keluargalah sebagai lingkungan atau masyarakat kecil yang menjadi pedoman/contoh itama bagi anak. pendidikan jasmani anak usi dini,merupakan awal dari pembelajaran anak-anak untuk mengenal olah raga.

ABDUL CHOLIK mengatakan...

NAMA : ABDUL CHOLIK
NIM : 818156733
KELAS : D
POKJAR : TANJUNGBUMI


Menurut saya pendidikan anak usia dini sangat penting untuk mengembangkan postur tubuh anak, lingkungan tempat ia tinggal juga berpengaruh bagi anak, anak tidak perlu ditekan.

MARDIYANA mengatakan...

Pendidikan jasmani sangat penting untuk anak usia dini.selain orang tua yang mempunyai peran khusus pembelajaran jasmaninya juga sangat berperan penting.peran orang tua hanya mengawasi proses pembelajaran, sedangkan peran pembelajaran pendidikan jasmani harus disesuaikan dengan usia anak.

yuyun mengatakan...

Pendidikan jasmani usia dini sangat penting dalam pemantauan perkembangan postur tubuh oleh karena itu orang tua sangat berperan dalam membimbing anak agar senantiasa hidup sehat.jadi peran pendidikan jasmani sebagai suplemen penyempurna jasmani anak.dan di sekolah dan di rumah lebih banyak di rumah jadi orang tualah dan lingkungan yang sangat memberi dampak dalam perkembangan perawakan anak

yuyun mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yuyun mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
yuyun mengatakan...

NAMA : SRI WAHYUNI
NIM : 818156679
KELAS : F
POKJAR : TANJUNGBUMI


Pendidikan jasmani usia dini sangat penting dalam pemantauan perkembangan postur tubuh oleh karena itu orang tua sangat berperan dalam membimbing anak agar senantiasa hidup sehat.jadi peran pendidikan jasmani sebagai suplemen penyempurna jasmani anak.dan di sekolah dan di rumah lebih banyak di rumah jadi orang tualah dan lingkungan yang sangat memberi dampak dalam perkembangan perawakan anak.

Syofiullah Faisyal mengatakan...

NAMA : SYOFIULLAH FAISYAL
NIM : 818326233
KELAS : F
POKJAR : POKJAR


Pendidikan usia dini membantu proses pertumbuhan anak usia dini menjadi dewasa. pertumbuhan tersebut didukung oleh gerak motorik, afektif dan koknitif anak. gerak-gerak tersebut dapat mempengaruhi proses pertumbuhan gerak anak usia dini maka dari itu pembelajaran pendidikan jasmani usia dini sangat berkaitan dengan kemampuan berfikir anak.

rofah mengatakan...

NAMA:MUSYAROFAH
NIM :818322046
KELAS:E
POKJAR:TANJUNGBUMI


Pendidikan usia dini membantu proses pertumbuhan anak usia dini menjadi dewasa. pertumbuhan tersebut didukung oleh gerak motorik, afektif dan koknitif anak. gerak-gerak tersebut dapat mempengaruhi proses pertumbuhan gerak anak usia dini maka dari itu pembelajaran pendidikan jasmani usia dini sangat berkaitan dengan kemampuan berfikir anak.

IDAH mengatakan...

NAMA : IDAH
NIM :
KELAS : D
POKJAR : TANJUNGBUMI

Pendidikan anak usia dini erjasama pembina pendidikan jasmani dengan orangtua memang sangat penting dan lebih menekankan pada bermain untuk anak, untuk mengasah kecerdasan otak anak,tidak menekan pada kejiwaan anak, khususnya lebih menekan pada kesehatan bagi anak. Pendidikan anak usia dini tidak hanya diberikan di sekolah,melainkan lingkungan tempat ia tinggal juga berpengaruh bagi perkembangannya. pendidikan jasmani di sekolah anak bisa belajar bagaimana cara untuk membiasakan diri hidup sehat

HOFIFAH mengatakan...

NAMA : HOFIFAH
NIM : 818277599
KELAS : D
POKJAR : TANJUNGBUMI


Pendidikan jasmani sangat di perlukan bagi anak usia dini, maka dari itu perlu adanya kerja sama pembina pendidikan jasmani dengan orang tua. Mengingat anak usia dini memerlukan bimbingan untuk masa pertumbuhannya. Dengan adanya pendidikan jasmani di sekolah anak bisa belajar bagaimana cara untuk membiasakan diri hidup sehat. Pendidikan jasmani untuk anak usia dini memang sangat penting.Mengingat anak pada usia dini merupakan proses tumbuh kembang anak.Oleh sebab itu,orang tua juga berperan penting
dalam hal ini.

enik purwati mengatakan...

NAMA :ENIK PURWATI
NIM :824364057
KELAS :III B
POKJAR :SIDOARJO

Menurut saya,pendidikan jasmani untuk anak usia dini sangat penting terutama untuk perkembangan postur tubuh anak,disamping itu juga dengan adanya pendidikan jasmani anak menjadi sehat,segar,dan riang gembira dalam menerima suatu pembelajaran

reni damayanti mengatakan...

nama reni damayanti
nim 823130078
kelas Apokjar sidoarjo,smester 3
terima kasih atas info-nya pak Santika. Saya sekarang paham bahwa Kesalahan posisi akan berpengaruh kepada postur anak. Hanya sayang di blog bapak belum tergambar langkah-laangkah antisipatif terutama untuk anak-anak PAUD, sehingga kami akan tahu kebiasaan-kebiasaan apa yang baik dan tidak baik untuk mencegah salah postur ini terjadi.828

Lysa Ma'rifah mengatakan...

Lysa Ma'rifah
NIM : 823130125
Kelas Pokjar Sidoarjo
Semester III - A

Terima kasih atas infonya sangat bermanfaat bagi kita semua

Luluk Maulidiah mengatakan...

Nama : Luluk Maulidiyah
NIM : 823130157
kelas : 3A
Pokjar : Sidoarjo

Pendidikan Kesegaran jasmani yang dilaksanakan sebagai bagian proses pendidikan teratur dan berkelanjutan, untuk memperoleh pengetahuan, kepribadian, ketrampilan, kesehatan dan kebugaran jasmani. Pada usia kanak-kanak misalnya anak cenderung melakukan sebuah aktivitas-aktivitas jasmani walaupun itu masih terlihat sangat sederhana contohnya seperti bermain yang didalam bermain tersebut melibatkan aktivitas-aktivitas jasmani seperti berjalan,berlari, melompat dan meloncat tanpa mereka sadari aktivitas tersebut menunjukan seberapa baik kualitas pertumbuhan gerak jasmani mereka karena setiap anak mempunyai kualitas gerak yang berbeda-beda sesuai dengan usia dan pertumbuhan mereka untuk itu selaku orang tua dan guru penjas khususnya harus jeli melihat perkembangan gerak anak tersebut, sehingga mulai dari sedini mungkin, anak sudah mulai diperkenalkan sedikit demi sedikit dengan beberapa cabang olahraga yang nantinya akan mereka pilih sesuai dengan minat dan bakatnya. Dalam hal ini juga anak tidak dapat dipaksakan dalam memilih cabang olahraga yang mereka senangi, untuk itu selaku orang tua, guru dan pelatih hendaknya memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk memilih cabang olahraga yang diminatinya kelak serta tidak membatasi kebebasan gerak anak tersebut untuk selalu beraktivitas dan berkreativitas, karena pada dasarnya masa kanak-kanak adalah masa dimana anak tersebut mencoba mengeksplorasi gerak serta pengetahuan mereka.

Harisih Panglipurati mengatakan...

Nama : M.M Harisih Panglipuratih
NIM : 823130204
Kelas : 3A
Pokjar : Sidoarjo

Usia terbaik untuk melakukan stimulasi pendidikan kesegaran jasmani adalah sedini mungkin. hasil yang optimal akan didapat bila anak sudah diberikan rangsangan tumbuh kembang saat ia masih didalam kandungan usia 4 bulan dan setelah lahir hingga ia berusia 6 tahun. namun pemberian rangsangan tumbuh kembang perlu dilanjutkan setelah anak berusia 6 tahun hingga usia 8 tahun. Tumbuh kembang menekankan pada 4 aspek kemampuan dasar anak yang perlu mendapatkan rangsangan yaitu kemampuan gerak dasar, kemampuan gerak halus, kemampuan bicara & berbahasa serta kemampuan bersosialisasi (berinteraksi)dan kemandirian.

Lilik Nurdiatin mengatakan...

NAMA : LILIK NURDIATIN
NIM : 824367267
KELAS : 3B
POKJAR : SIDOARJO

Terima kasih atas informasinya, Pak Santika.
Sekarang saya lebih mengetahui lagi tentang pendidikan jasmani untuk anak usia dini. Memang pendidikan ini sangat penting untuk masa depan anak agar senantiasa tertanam kebiasaan hidup sehat sejak dini.

anita maisusana mengatakan...

NAMA : ANITA MAISUSANA
NIM : 823106757
KELAS: 3B
POKJAR: SIDOARJO

Terimakasi atas bimbingan, Pak Santika. Ilmu yang bapak terangkan menjadi masukan buat saya.